Home / Info / Sejarah Vespa di Indonesia

Sejarah Vespa di Indonesia

Setelah membaca postingan tentang sejarah Vespa secara umum, kini saatnya anda mengetahui sejarah Vespa di Indonesia. Berdasarkan data sejarah yang ada, Vespa mulai merambah nusantara diprediksi pada tahun 1960an. Hal itu terjadi berkat adanya kerjasama dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) PT Danmotors Vespa Indonesia yang berpusat di Pulo Gadung Jakarta. Sayangnya, agen tunggal tersebut sekarang sudah tidak aktif lagi dan perannya digantikan oleh PT Sentra Kreasi Niaga atau SKN sebagai dealer utama , namun dealer tersebut tidak bertindak sebagai importir atau distributor eksklusif.

sejarah vespa indonesia, vespa congo, sejarah vespa di Indonesia, masuknya vespa di indonesia, vespa indonesia

Demam motor Vespa di nusantara sendiri dimulai dengan peluncuran “Vespa Congo”. Varian Vespa tersebut memang memegang history yang sangat penting bagi Indonesia karena pada saat itu varian Vespa tersebut dijadikan produk Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia. Penghargaan sendiri ditujukan terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang telah bekerja keras untum menjalankan tugas di Congo pada waktu itu. Menurut beberapa sumber sejarah, Vespa Congo yang mulai terlihat banyak menghiasi jalanan nusantara ternyata membuat ketertarian terhadap Vespa semakin menyeruak luas sehingga Vespa dijadikan sebagai kendaraan roda dua yang dapat menemani aktivitas sehari-hari pada saat itu.

Vespa saat itu mempunyai nilai history tertentu yang sangat melekat di masyarakat Indonesia sehingga permintaan terhadap produk Vespa pun semakin meningkat. Walaupun tingginya harga vespa saat itu yang mencapai harga sebuah rumah standar, namun itu semua tidak menyurutkan mereka untuk membeli motor historis tersebut. Vespa tetap melekat di hati para konsumennya walau Honda mulai bermanuper ke pasaran global termasuk ke Indonesia sehingga banyak merek-merek motor yang kalang kabut, itu juga berlaku dengan Vespa sehingga dominasi Vespa mulai surut. Namun, tetap saja Vespa selalu dipuja-puja oleh para pecintanya.

Pada perkembangannya, hingga saat ini sudah beredar beberapa varian Vespa yang ada di Indonesia. Anda bisa menemukan varian Vespa dari generasi tua sampai dengan generasi terbarunya. Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat dominasi Vespa di Nusantara semakin mengikis. Pertama, ada anggapan bahwa Vespa adalah motor penjual obat. Itu diakibatkan oleh salah satu perusahaan farmasi yang menggunakan kendaraan operasionalnya dengan menggunakan Vespa sehingga banyak konsumen yang akhirnya berpaling.

Kemudian, seperti telah disinggung sebelumnya bahwa Vespa mulai tergeser posisinya berkat adanya motor Jepang yang dipandang lebih irit, innovative, praktis, serta berharga murah. Dilihat dari kualitasnya pun warga Indonesia memandang bahwa kualitas Vespa berada di bawah motor Jepang. Mereka melihat phenomena nyata itu dengan memperhatiak keadaan sekitar yang sering mogok dijalanan itu kebanyakannya adalah motor Vespa.

Terlepas dari beberapa pendapat miring diatas, namun yang terpenting Vespa merupakan kendaraan skuter yang memiliki nilai historis tersendiri di Indonesia. Oleh karena itu, komunitas dan club Vespa tetap menghiasi masyarakat kita ini untuk tetap mempertahankan kelestarian kendaraan tersebut. Mungkin sampai kapan pun Vespa tetap akan menghiasi dan melekat di hati para penggemarnya di Indonesia. Kita patut menunggu kiprah Vespa tersebut berikutnya, semoga Vespa terus berinovasi untuk menciptkan produk-produk yang lebih unik dan modern tentunya.


Mahasiswi Freelancer yang sangat tertarik dengan dunia Vespa dan ingin berbagi semua hal tentang Vespa di Portal Informasi ini. Jika mengenal saya lebih jauh, Kunjungi G+ Saya

Jangan Lewatkan
Bagikan Artikel ini